Kenali Cagar Budaya Lewat Film

SERANG, Koran RD – Di bawah gemerlap bintang langit Kota Serang, puluhan anak Kampung Ciloang berkumpul di area lapangan depan Auditorium Surosowan Rumah Dunia. Sebuah layar seukuran baliho terpasang dengan cahaya proyektor dari mobil yang bertuliskan Tut Wuri Handayani, dua sound besar pun turut berdiri tegak di sampingnya. Malam itu, sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh badan pelestarian cagar budaya (BPCB) Banten berlangsung cukup meriah. Gemuruh tepuk tangan anak-anak mengawali acara pembukaan yang diisi oleh sambutan dari Gol A Gong selaku pendiri Rumah Dunia dan Drs. Zakaria Kasimin selaku KASI BPCB.

Dalam acara yang dimulai pada pukul 20.00 WIB tersebut, Drs. Zakaria mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan cagar budaya di Banten kepada masyarakat, “Ini adalah salah satu cara agar masyarakat mengenal peninggalan-peninggalan sejarah di Banten, lewat sebuah film dokumenter yang awal tadi kita saksikan, saya harap masyarakat bisa mengetahui dan saling menjaga peninggalan cagar budaya yang masih tersisa,” ungkapnya kepada koranrumahdunia.com, Jumat (29/7).

Pemutaran film yang kedua adalah film ‘Alangkah Lucunya Negeri Ini’, anak-anak terlihat antusias menyaksikan film yang berkisah tentang sekumpulan anak-anak pencopet yang tengah berusaha untuk mencari uang halal di kerasnya lingkungan Kota besar. “Seru, saya pengen nonton lagi!” ungkap Shihab sambil tersenyum malu. Kagiatan pun berakhir pada pukul 22.00 WIB, langkah kecil anak-anak riang itu menutup acara dengan secercah harapan terjaganya warisan cagar budaya di Banten. (Daru)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.