Menjadi Penulis itu Asyik

Di bawah cuaca teduh, pada sebuah beranda yang berhiaskan banyak properti kesenian seperti bebegig, patung maneken yang dilukis beraneka corak warna, tampah, kukusan, sapu lidi yang terlihat sengaja digantung juga kendi dan langseng, sekelompok anak muda yang tergabung dalam Kelas Menulis Rumah Dunia (KMRD) Angkatan ke-29 Rumah Dunia tengah khusyuk menyimak materi kepenulisan yang disampaikan oleh Gol A Gong, tutor kelas menulis dan pendiri Rumah Dunia, Minggu (29/1/2016.

Ini adalah kali kedua pertemuan kelas menulis, setelah minggu lalu, pada pertemuan pertama diwarnai dengan Bincang Proses Kreatif Menulis bersama Soni Farid Maulana dan Heni Hendrayani, sepasang penyair asal Bandung di Auditorium Surosowan Rumah Dunia. Kali ini, pertemuan kelas menulis bertempat di Pendopo Kaibon Dalam Rumah Dunia, yang merupakan muasal tempat pelaksanaan kegiatan-kegiatan kreatif di masa awal Rumah Dunia.

Pada kesempatan itu, Gol A Gong menjelaskan, untuk menjadi seorang penulis harus banyak membaca buku. Sebab tidak seorang pun bisa menulis tanpa membaca. “Membaca itu seperti makan. Kalau tidak ada yang dimakan tidak akan mungkin ada yang dikeluarkan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa menjadi penulis itu menyenangkan tapi tidak gampang. “Menjadi penulis itu asik. Selain dapat uang kita juga akan abadi dalam sejarah. Sebab buku-buku tidak akan kedaluwarsa. Akan terus dibaca. Tapi jadi penulis juga tidak gampang. Kita harus lebih sedikit tidur dan banyak membaca,” ungkapnya.

Salah satu peserta kelas menulis, Sofiyani, mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab IAIN SMH Banten, mengaku ingin sekali menjadi penulis. Selain ia belajar di jurusan sastra yang banyak membicarakan soal karya kepenulisan, ia juga senang membaca sejak kecil. “Sedari kecil saya senang membaca buku. Kebetulan, di rumah kami punya perpustakaan pribadi dan setiap bulan saya diberi jatah uang untuk membeli satu buku. Semoga dengan bergabungnya saya di Kelas Menulis, bisa menyalurkan kreativitas saya dalam hal menulis,” harapnya. (Baehaqi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.