Belajar Jurnalistik Bersama Hasan Aspahani

SERANG, Koran RD-Kelas Menulis Rumah Dunia (KMRD) Angkatan ke-29 kembali mengikuti “Kawah Literasi” edisi kedua yang diselenggarakan oleh Rumah Dunia Minggu (5/2/2017), di Auditorium Surosowan Rumah Dunia. Kali ini, KMRD Angkatan ke-29 mendapatkan kesempatan belajar langsung jurnalistik bersama Hasan Aspahani, penyair sekaligus direktur di Batang Pos. Hasan Aspahani memberikan materi jurnalistik yang merupakan salah satu cara untuk menerbitkan tulisannya tentang biografi Chairil Anwar, yang pada momen yang sama didiskusikan proses kreatif penulisannya. 

Dalam pembahasan mengenai jurnalistik, Hasan Asphari mengungkapkan cara mengumpulkan fakta dalam jurnalistik yang memiliki tiga cara. Di antaranya melaui riset, wawancara dan reportase. Dan ketiga cara itu tergantung kebutuhan yang diperlukan. ” Saya melakukan ketiganya dalam menulis buku Chairil ini,” ungkapnya saat memberikan materi.

Selain itu, dalam pembahasan media cetak serta online Hasan Asphari mengatakan kegiatan pers itu tidak akan pernah hilang walaupun zaman sudah semakin berbeda. Dari cetak menjadi online karena setiap orang pasti membutuhkan informasi. “Tugas pers itu mendidik, menghibur dan memberi informasi,” kata. (Inka, anggota KMRD 29)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.