Cilegon akan Pecahkan Rekor Muri

Pemeritah Kota Cilegon  dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan Cilegon Membaca bertajuk ‘Menumbuhkembangkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan Terhadap Budaya Lokal dalam Upaya Membangun Karakter, Inovasi, serta Daya Kompetitif Masyarakat Kota Cilegon’ yang akan diisi oleh kegiatan literasi seperti gebyar perpustakaan, talkshow, mewarnai, ‘story telling’ dan kegiatan-kegiatan lainnya. Kegiatan Cilegon membaca akan dilaksanakan pada 15-18 Maret 2017 ini juga akan membawa misi besar, salah satu misinya adalah membawa Kota Cilegon bisa memecahkan rekor Muri kategori hibah buku paling banyak se-Indonesia.

Menurut Kasi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Cilegon, Dedi Ismanto mengatakan, rekor Muri bisa dipecahkan jika semua elemen bisa bekerjasama dengan baik. Menurutnya, hal itu bisa terwujud jika ada dukungan materil, maupun nonmateriil sehingga hal itu bisa memudahkan kerja mereka dalam meraih cita-cita tersebut.

“Namun yang terpenting, dengan adanya Cilegon Membaca, warga semuanya bisa melek huruf, supaya tidak ada lagi yang buta aksra, dan kita bisa mengurangi ketergantungan generasi muda terhadap ‘handphone’,” katanya ketika mengunjungi Komunitas Rumah Dunia, Jumat (9/2/2017).

Dedi mengungkapkan, DPAD Kota Cilegon perlu menjelaskan terlebih dahulu, utamanya kepada walikota terkait niat untuk memecahkan rekor Muri tersebut. Kemudian menginformasikan ke beberapa instansi agar mendukung gerakan tersebut.” Ide yang bagus sebetulnya, tapi kami akan koordinasikan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perpustakaan Provinsi Banten Gol A Gong, menyambut baik atas adanya insiatif tersebut, karena dalam Gerakan Indonesia Membaca, yang bisa diterjemahkan melalui Cilegon Membaca, adalah sesuatu hal yang unik dan menarik. Menurutnya, jika Cilegon mampu memecahkan rekor Muri untuk hibah buku terbanyak se-Indonesia, itu akan menjadi fenomena yang luar biasa.

“Jadi kegiatan itu (Cilegon Membaca-red) tidak hanya sekadar menggugurkan kewajiban saja. Harus ada seuatu yang berbeda, salah satunya adalah rekor hibah buku. Sehingga hal itu akan mengubah citra Banten yang kadung buruk karena menjadi provinsi terkorup ketiga se-Indonesia,” katanya.

Gol A Gong, menyatakan siap membantu DPAD Kota Cilegon untuk mewujudkan mimpi Cilegon memecahkan rekor Muri untuk hibah buku terbanyak. Dirinya, kalau diperkenankan, akan menjelaskan kepada Walikota Cilegon Iman Ariyadi perihal teknis dan cara agar hibah buku bisa menarik perhatian orang sehingga nanti bisa mendapatkan rekor Muri.

“Saya akan menghadap Pak Iman jika perlu, karena beliau pasti mendukung hal ini. Selain itu, jika hibah buku terlaksana, ada sesuatu yang bagus untuk dituliskan, akan menjadi sejarah dan tentu semua warga Cilegon akan merasakan dampaknya,” ujar Gong.(red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.