Forum TBM Madani

Taman Baca Masyarakat atau biasa disebut dengan TBM yang merupakan program pendidikan informal terkadang menjadi suatu tempat yang ‘sepele’ dan tak banyak dari kita yang memperdulikan keberadaanya. Kadang menganggapnya tidak penting. Padahal kehadiranya justu banyak membawa dampak besar bagi masyarakat, lebih jauh lagi untuk Inonesia yang lebih. Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari membaca. Selain kita jadi lebih tahu lagi tentang dunia luar dan tentu saja menambah wawasan kita.

Bukankah suatu kemajuan dari suatu kaum itu dimulai dari kaum itu bisa membaca dan sudah membudayakan minat baca? Sumber daya manusia yang lemah itu bisa terjadi kerena rendahnya minat baca di kalangan masyarakat, membuatnya tertinggal dari bangsa maju. Karena melalui bukulah sebuah masyarakat dapat menjadi masyarakat yang cerdas, maju dan beradab. Sangat penting sekali dalam sebuah masyarakat harus ada perpustakaan yang lengkap dengan isi bukunya.

Sungguh kegiatan yang bagus. Pelantikan Forum TBM Kota Serang akan dilaksanakan Forum TBM Kota Serang pada tanggal 20 Desember 2009 mendatang bertempat di Rumah Dunia. Mengenai maksud dan tujuan diadakan pelantikan ini selain untuk mensosialisasikan program TBM pada masyarakat, juga untuk turut serta meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya di Kota Serang, sehingga tercipta budaya membaca dan semoga bisa memberantas buta aksara, juga untuk memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk berkarya dan berkreatifitas dalam minat membaca itu sendiri.

Pelantikan Pengurus Forum TBM ini nantinya akan dihadiri oleh 22 TBM dari Kota Serang. Diantaranya TBM Ratu Bagus, TBM Al-Azhar, Serang, Al-Ikhlas dan tentunya Pustakaloka Rumah Dunia, yang juga sekasligus sebagai tempat berlangsungnya acara Pelantikan Forum TBM itu dilaksanakan, serta masih banyak lagi TBM-TBM yang lain dari Kota Serang.

“Acara ini natinya dimulai dari Pukul 08.00 samapi Pukul 12.00. Hanya Enam jam saja,” kata Muhzen Den, selaku Humas, memberi keterangan saat rapat bersama Gol A Gong dan relawan Rumah Dunia, Senin (7/12) pagi . Sedang untuk pembicara, sementara baru diusulkan pada tiga orang, diantaranya; Gol A Gong (selaku pendiri Rumah Dunia), atau Firman Veanayaksa (Ketua 1 Forum TBM se-Indonesia sekaligus Presiden Rumah Dunia) dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Serang, HM Hafidi ZA.

Demikianlah acara yang inssa Allah akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 20 Desember mendatang di Rumah Dunia. Semoga acara ini bisa terlaksana dan makin banyak lagi lahir TBM-TBM yang lain di Kota Serang yang bermanfaat dan berguna. Amin. (Ahmad Wayang)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.