Kang Abik: Menulis Itu Seperti Koki

SERANG, Koran RD – “Cara yang mudah untuk menulis itu menulis dengan apa yang dekat dan alami atau tulislah dengan yang dekat dengan diri anda,” pungkas Kang Abik dalam Seminar Sastra Nasional 2017 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten dengan tema Akuturasi Kesenian dan Kesastraan Demi Peradaban. Minggu (19/11).

Habiburrahman El Shirazy yang biasa disapa dengan Kang Abik mengungkapkan bahwa, ruh sastera adalah detail dan menulis itu seperti koki, perlu beberapa bahan-bahan untuk membuat makanan yang lezat, saat ide sudah matang lalu mulailah menulis.

Acara tersebut dihadiri oleh 250 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan; pelajar, mahasiswa, dosen dan umum. Ahmad Riyanto, selaku ketua pelaksana mengungkapkan bahwa, “Harapan kedepannya berupa daya tarik peserta untuk bisa menulis dan khususnya untuk jurusan BSA sendiri,” ujarnya.

Reza Ramadhan selaku panitia seksi acara mengatakan bahwa, tema yang diangkat itu diharapkan untuk bisa mengaplikasikan dari peradaban yang bermacam-macam dengan kesenian dan kesasteraan.”Kesasteraan ini berupa tulis-menulis yang bisa menjadi sejarah dari peradaban,” tandas Reza.

Rosyana Melantika (16) pelajar kelas 11 SMAN 1 Ciruas, menambahkan, tema dan pemateri itu sangat singkron sehingga mudah dicerna saat penyampaian, “Semoga saya bisa menulis dengan profesional,” tambahnya. (fik/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.