Ketika Gol A Gong Kesulitan Mencari Guru Menulis

Bagi para pecinta novel di Indonesia, sosok Gol A Gong sudah menjadi hal yang familiar bagi mereka, khususnya bagi para pecinta novelnya berjudul Balada ‘Si Roy’, Gong adalah inspirasi bagi hidup mereka. Sentuhan magis dari novel-novel yang ditulis Gong memang diakui sudah menyihir para pembaca untuk megubah pola pikirnya menjadi lebih luas dan menjadi petualang sejati karena tulisan-tulisannya cenderung bernuansa petualangan. Namun siapa sangka ketika remaja, Gong kesulitan mencari guru menulis.

Ketiadaan guru menulis itu tentu tidak membuat Gong putus asa. Sekuat tenaga dia belajar sendiri karena menulis memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam hidupnya. Sesekali tulisannya memang diperiksa oleh bapaknya, namun tidak intens seperti dalam kursus-kursus kepenulisan.

”Almarhum Bapak saya terlihat meringis ketika membaca tulisan saya waktu itu. Sebab ejaannya pun mungkin amburadul. Mau bagaimana lagi, di Banten tidak ada yang bisa mengjarkan saya menulis,” kenangnya kepada koranrumahdunia, kemarin.

Gong merasa beruntung karena saat-saat pelik itu dia mampu masuk ke jurusan sastra di UNPAD, Bandung. Meski tidak selesai namun itu cukup memberinya pelajaran dalam hidup sehingga memantik dirinya semakin yakin dengan jalan kepenulisan yang ditempuhnya. “Anak muda sekarang sangat beruntung. Mau belajar menulis dimana saja pasti ada. Di Rumah Dunia apalagi, ada kelas menulis. Jadi harusnya bagi yang belajar menulis saat ini lebih bersemangat dan tidak bermalas-malasan,” ujar Gong saat ditemui di Museum Literasi Gol A Gong.

Oleh sebab itulah kenapa Gong tidak pernah lelah untuk memberi pelajaran menulis bagi siapapun dan dimanapun. Gong merasa bahwa tugasnya kini adalah mengayomi generasi muda sehingga mereka bisa menggapai mimpi-mimpinya dan menjadi generasi penerus bangsa yang unggul. Adapun bagi anda yang ingin mengetahui tulisan-tulisan yang pertama kali dibuat Gong kini bisa dilihat di Museum Literasi Gol A Gong. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.