8 Tips Menulis Best Seller Ala Asma Nadia

SERANG, KoranRD – Seminar Kepenulisan dengan mengundang pemateri Asma Nadia yang diselenggarakan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Ummul Fikroh berlangsung di Aula Lantai 1 Syadzeli Hasan, Kampus 1 Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Selasa (15/5/2018).

“Saya mau berbagi tips menulis best seller, pertama: tema harus kuat, kedua: persoalan yang diangkat dekat dengan pembaca, ketiga: penyajiannya bagus, keempat: tahu segmentasi pembaca, kelima: promosi, keenam: timing, ketujuh: alternatif jalur penjualan, kedelapan: memanfaatkan kekuatan sosial media, dan masih banyak lagi,” ujar penulis yang hobi traveling itu.

Asma yang sudah mengelilingi 53 negara dan 385 kota menambahkan, untuk manjadi bagian pejuang seni dan budaya, kita harus menjalani berbagai proses.

“Pertama, aktif menjadi cyber troops untuk proyek positif via sosial media, jangan menjadi mayoritas yang diam: review walau hanya cuitan, musik islami: beli CD ori-nya, buku-buku islam: jauhi bajakan tapi beli versi halalnya, film islami, nonton hari pertama tayang, apresiasi produk seni dan budaya yang baik, kritisi yang buruk,” ujar wanita yang memiliki dua anak itu.

Di akhir acara, Asma Nadia memberi praktek menulis paragraf pembuka yang dipandu Hilal Ahmad selaku moderator. Kemudian panita membagikan kertas HVS kepada peserta untuk menuliskan apa yang diperintahkan Asma Nadia dengan rentang waktu 5 menit.

Sas Ampal selaku ketua umum LDK Ummul Fikroh priode 2018 berharap dalam acara ini untuk bisa menyerap energi positif dari Asma Nadia terutama dalam berdakwah melalui tulisan, “Semoga para peserta mampu meraup semua energi semangat menulis dari bunda Asma,” harap pria berkaca mata itu. (tfk/rhu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.