Hari ini, Generasi Jaguar Menyerbu Sumatra

Tur Gempa Literasi Generasi Jaguar ke Sumatra dimulai hari ini, 9 Juli hingga 5 Agustus 2018. Rutenya dimulai dari Lampung, Palembang, Lubuk Linggau, Bengkulu, Padang, Sawah Lunto, Padang Panjang, Bukit Tinggi, Rantau Prapat, Toba, Medan, dan Aceh. 

Generasi Jaguar yang merupakan ‘pasukan’ dari keluarga Gol A Gong bersama istrinya Tias Tatanka mencoba menanamkan nilai-nilai positif kepada keempat anaknya; Nabila Nurkhalishah, Gabriel Gee, Jordy Alghifari, dan Natasha Azka. Jadi “Jaguar” adalah 4 filosofi hidup:

1. Jantan (berani karena benar), Andal (ringan tangan membantu dalam kebaikan),
2. Gagah (sehat jiwa dan raga),
3. Unik (menumbuhkan potensi diri atau inovatif),
4. Aktif (penuh ide kreatif), Responsif (peduli dan tolerans pada sesama).

Nilai-nilai sepeti inilah yang ingin Gong pupuk yang dimulai dari keluarga. Ibu sebagai “perpustakaan pertama” harus dimaksimalkan lagi oleh para ayah. Maka spirit itupun akan ditebarkan oleh Generasi Jaguar ini dalam tur Sumatra kali ini.

“Madrasah yang pertama adalah ibu atau dari keluarga kita terlebih dahulu. Nah, nilai-nilai inilah yang ingin kami sebar dalam tur ini,” kata Gong sebelum pelepasan menuju Sumatra.

Gong menambahkan, dalam tur Generasi Jaguar ini, Gong dan istri mencoba memberikan stimulus-stimulus kepada putra-putranya untuk terbiasa melakukan perjalanan. Dengan begitu mereka diharapkan akan terbiasa jika suatu hari melakukan perjalanan lagi dan semakin luas pemikiran dan pengetahuannya.

Adapun isi kegiatan dalam tur Generasi Jaguar kali ini di antaranya adalah:

– Pertunjukan seni
– Pelatihan menulis untuk pelajar, mahasiswa Dan guru.
– motivasi belajar di luar negeri
– Pelatihan membuat buku cerita bergambar dari dus bekas untuk guru tk, PAUD.
– Diskusi literasi:
1. Gol A Gong / Heri Hendrayana Harris (penulis 125 buku, novelis Balada Si Roy, penyair, traveler, travel writer, writing motivator, peraih Anugerah Peduli Pendidikan tahun 2012 dari Kemendikbud RI, pendiri dan pengelola Rumah Dunia)
2. Tias Tatanka / Asih Purwaningtyas, istri Gol A Gong (penulis The Traveler’s Wife, novelis, pendiri dan pengelola komunitas literasi Rumah Dunia, narasumber berbagai pelatihan menulis, penerima penghargaan UMMI Award 2010 bidang pendidikan)
3. Nabila Nurkhalishah , 19 tahun, penerima beasiswa BrightStar bidang Bahasa Mandarin di Nanjing, mahasiswi Universitas Sun Yat Sen Ghung Zou, China
4. Gabriel Gee (18), pelajar SMA di Abu Dhabi (sejak kelas 5 SD , 2012 mendapat beasiswa di Abu Dhabi) (red).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.