Hari Aksara Internasional 2018 Lahirkan Delapan Bulir Rekomendasi Literasi

Peringatan Hari Aksara Internasional yang dilaksanakan oleh Kemendikbud beserta pegiat literasi berdasarkan gagasan oleh UNESCO  tahun ini telah digelar di Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara 6-9 September 2018, kemarin. Pada pagelaran tersebut, selain merayakan aksara juga  melahirkan “Delapan Bulir Rekomendasi Literasi”
dari Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM) dan Penggiat Literasi. Adapun isi dari “Delapan Bulir Rekomendasi Literasi” adalah sebagai berikut:

1. Menyesuaikan istilah “International Literacy Day” yang digagas UNESCO diperingati setiap tanggal 8 September dari “Hari Aksara Internasional” menjadi “Hari Literasi Internasional”.

2. Mempertahankan dan terus meningkatkan program-program literasi yang sudah dilakukan oleh Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas bersama Forum TBM: Gerakan Indonesia Membaca, Kampung Literasi, Residensi Bagi Pengelola TBM dan penggiat literasi.

3. Memperbanyak lokasi dan jumlah peserta residensi bagi pengelola TBM dan penggiat literasi sebagai upaya peningkatan kapasitas dan saling berbagi inspirasi di antara sesama pengelola TBM dan penggiat literasi.

4. Menerbitkan regulasi terkait TBM sebagai payung hukum untuk meningkatkan perkembangan gerakan literasi di tanah air.

5. Mewajibkan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di setiap provinsi untuk menyelenggarakan kegiatan Festival Literasi di daerah bersama Forum TBM dan penggiat literasi, minimal satu tahun satu kegiatan.

6. Memberikan penghargaan untuk kepala desa/kabupaten yang memiliki keberpihakan pada perkembangan gerakan literasi di daerahnya masing-masing.

7. Mendorong lahirnya inovasi dan kreativitas pengembangan gerakan literasi di setiap daerah melalui program kompetisi inovasi dan kreasi literasi.

8. Mendorong terjadinya sinergi dan kolaborasi antara Gerakan Literasi Sekolah, Gerakan Literasi Keluarga dan Gerakan Literasi Masyarakat dalam konteks pendidikan nasional sesuai ruh pendidikan Ki Hajar.

Salam Literasi,

Firman Hadiansyah
Ketua Umum Forum TBM

—————————–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.