Warga Perum MB Sambut Tahun Baru dengan Adakan Sunatan Massal

SERANG, Koran RD-Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah yang bertepatan pada Selasa (11/09/2018), pemuda perumahan BTN Mina Bhakti (Perum MB), Kecamatan Kasemen, Kota Serang, mengadakan sunatan massal bagi anak yatim dan warga kurang mampu di pelataran Masjid Al Ikhlas Perum MB.

Sejumlah pemuda dan pemudi warga Perumahan Mina Bhakti bahu membahu dalam rangka menyukseskan kegiatan tahunan yang baru kali pertama digelar ini. Sunatan massal dilaksanakan di lingkungan masjid setempat tanpa dipungut biaya sepeserpun. Menurut ketua pelaksana kegiatan, Rizal Arif Tama (24), seluruh biaya kegiatan didanai dari sumbangan warga Perum MB. Tidak ada syarat tertentu, hanya saja panitia mematok usia peserta maksimal delapan tahun.

“Kami mengambil dana seikhlasnya dari masyarakat dan uangnya pun kembali ke  masyarakat. Saya berharap, tahun depan pesertanya bertambah lagi,” kata Arif.

Dari kuota peserta yang ditargetkan, 15 anak, hanya sembilan yang mendaftar dan delapan anak yang datang. Menariknya, dua orang Mantri sunat adalah warga dari Perum MB dan menjalankan tugasnya dengan sukarela. Malah masing-masing anak mendapat souvenir berupa perlengkapan salat.

Menurut Ketua DKM Al Ikhlas Perum MB Ustadz Marali (47), para pemuda di sekitar lingkungannya ternyata sudah berkembang dengan jiwa kemasyarakatannya. “Saya bangga kepada mereka (pemuda-red). Seharusnya warga sekitar yang kurang mampu dan ingin mengkhitan anaknya bisa memanfaatkan momen tahunan ini,” pesan Ustadz Marali (47) Ketua DKM Al Ikhlas Perum MB.

Lailatul Maulidia Rahman (20), Mahasiswi semester 7 jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Banten (IAIB) yang turut serta dalam kegiatan ini mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk ikut memeriahkan tahun baru Islam, sekaligus menjadi ajang informasi, utamanya untuk anak-anak bahwa Islam juga punya kalendernya dan punya tahun barunya tersendiri yang dirayakan secara Islami, seperti baca doa akhir tahun dan awal tahun, bersama-sama keliling sambil membawa obor dan membaca shalawat

“10 Muharram biasa disebut ‘Idul Yatama’ atau lebaran anak Yatim. Tujuannya jelas untuk memuliakan mereka, sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW. Tentu bagi warga BTN MB dan sekitarnya yang memiliki rezeki berlebih, ini kesempatan untuk ikut bersama-sama memuliakan anak yatim dengan menyantuni dan memberikan kebahagiaan kepada mereka,” katanya.

Rangkaian kegiatan tahunan ini rencananya akan ditutup dengan pawai menuju taman wisata Tasikardi, gelaran lapak baca buku gratis, serta bacakan (makan-makan-red) di sana pada tanggal 10 Muharram atau bertepatan pada  Kamis 21/09/18, nanti.(wahyu/red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.