Ilham dalam Perjalanan Scooterary

Ilham Akbar Fiqrillah, seorang pemuda dari ujung barat Pulau Jawa, yang bertempat di Pandeglang-Banten. Ia sedang mengembara mengelilingi kota-kota dari Barat hingga Timur dengan mengendarai Vespa yang bermodalkan; uang Rp. 100.000, kopi lokal setengah kilo, dan sekitar 70 buku yang dibawanya. Ia menamakan perjalanannya dengan scooterary, yang bertemakan Kopi Literasi Jalanan.

Kini Ilham sudah menjelang satu bulan dalam perjalanan dan sudah 8 kota yang disinggahinya; Bogor, Cianjur, Cimahi, Bandung, Sumedang, Garut, Tasikmalaya dan Kuningan. Hari ini (12/10/2018) ia bersama vespanya sudah berada di Jawa Tengah. Memulai lembaran baru setelah satu bulan melebur di Jawa Barat.

Di setiap kota yang disinggahinya, scooterary selalu membiasakan buka lapak baca buku gratis dan lapak kopi dari petani-petani lokal. Perjalanan yang bertujuan untuk mengenal; mengenal diri sendiri, mengenal literasi, mengenal kopi, mengenal Indonesia dan mengenal semesta. Ia berencana akan mengabadikan perjalanannya dalam bentuk buku yang sedang digarapnya.

Pemuda kelahiran Kuningan 18 Juli 1995 ini percaya bahwa, dalam perjalanan kita akan selalu bertemu dengan makna dan semesta tak pernah diam memerhatikan setiap geraknya. Di setiap langkahnya selalu berharap pada keberkahan dan keridhaan-Nya.

“Semoga dengan perjalanan ini, ia berharap stigma tentang minat baca masyarakat yang rendah bisa terentaskan. Juga para petani lebih dimuliakan keberadaannya” (ilham/tfk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.