PPLK 08 adakan Pelatihan Menulis Cerpen di MAN 2 Kota Cilegon

CILEGON, KoranRD – Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) kelompok 08, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten menyelenggarakan acara Pelatihan Menulis Cerita Pendek. Acara yang diisi oleh Ade Ubaidil berlangsung di Aula Lantai 1, MAN 2 Kota Cilegon, Sabtu (27/10/2018). Ia mengatakan bahwa, penulis adalah orang yang terus menulis, jika berhenti menulis maka bukan seorang penulis.

“Menulis Cerpen itu diusahakan judul dan paragraf pembukanya harus dibuat menarik. Agar pembaca penasaran dan melanjutkan membaca tulisan kita. Selain itu, tulisan kita juga harus detail, ada dialog dan action,” kata Alumnus Mastera 2018.

Sumarno, selaku wakil kepala kurikulum MAN 2 Kota Cilegon menyampaikan sambutan, siswa MAN 2 Kota Cilegon memiliki kemampuan dalam segala bidang. Khusus dalam bidang sastra yang sangat didukung dari program PPLK 08. Dengan harapan para peserta nantinya bisa memanfaatkan acara yang luar biasa ini.

“Karena baru pertama kali ada seminar seperti ini, saya berharap karya anak-anak dari pelatihan ini akan dibukukan. Sehingga menjadi bagian dari khasanah MAN 2 Kota Cilegon. Menjadikan dokumen dan bahan yang memunculkan motivasi bagi siswa dan yang lainnya,” ujarnya.

Teti Nur Bayti, salah satu panita bagian acara mengutarakan bahwa pelatihan ini berdasarkan musyawarah dengan teman-teman PPLK 08 untuk menunjang bakat di MAN 2 Kota Cilegon. Terlebih kami bekerja sama dengan komunitas Rumah Dunia untuk menjadi pemateri yang mengusung tema Merajut Literasi Menuju Gerakan Positif dengan Berkarya.

“Menunjang di sini dalam arti untuk mengembangkan minat dan kemampuan siswa-siswi MAN 2 Kota Cilegon ke arah selanjutnya. Agar meraka bisa menjadi penulis profesional,” ujarnya. (opik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.