SMAN 1 Cikande Belajar Jurnalistik di Rumah Dunia

SERANG, KoranRD – Sekitar 30 siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cikande mengadakan pelatihan jurnalistik di Komunitas Rumah Dunia, Serang, Minggu (25/11/2018).

Ahmad Wayang selaku pemateri mengatakan, menulis berita itu harus wawancara kepada narasumber supaya tulisannya menjadi kuat dengan data.

“Ada juga menulis berita tanpa wawancara. Contohnya saat berlangsung acara seminar, bedah buku ataupun diskusi, yang mana kita hanya mengutip perkataan narasumber saja,” ujar Ahmad Wayang.

Zaenuddin selaku guru pembimbing ekstrakurikuler komunitas jurnalistik Istana di Atas Danau (Istada) SMAN 1 Cikande mengatakan, anak-anak komunitas ini harus bisa nulis berita seputar sekolah. Selain itu, anak-anak juga bisa memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar untuk kemudian dituliskan jadi berita.

”Saya harap, anak-anak SMAN 1 Cikande bisa mengembangkan kemampuan menulisnya. Maka teruslah berproses dan tekuni bidang jurnalistik,” ujar guru bahasa Indonesia tersebut.

Nur Rizki salah satu peserta dalam acara ini, mengatakan senang karena mendapatkan ilmu dan pengalaman baru dalam dunia jurnalistik, “Terlebih lagi, kami langsung praktik menulis berita di Alun-Alun Kota Serang. Dan saya mewawancari salah satu komunitas dancer yang sedang latihan di sana,” ungkapnya.

Setelah praktik mencari berita dan wawancara di Alun-alun Kota Serang, selanjutnya mereka berkunjung ke Radar Banten untuk mempelajari tentang media massa cetak. (fik/ja)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.